Rabu, 28 Mei 2008

DUAL CORE Processor

Intel telah mengumumkan rampungnya pelaksanaan produksi pertama dari prosesor-prosesor dual-core (dua otak). Setelah itu, Intel bersiap untuk menggarap prosesor multi-core (banyak otak).

Processor Dual Core

Pada sistem yang menggunakan prosesor dual core, task komputasi yang dilakukan sistem akan tetap berlangsung normal, pada prosesor dual core ini akan terjadi pengabungan dua prosesor beserta cache, namun dalam satu kemasan chip atau integrated circuit (IC). Keuntungan dual core terutama pada cache coherency. Dengan dual core, komunikasi antara kedua die dapat dilakukan pada clock rate yang lebih tinggi dibandingkan jika memanfaatkan bus di luar chip.

Prosesor dual core dari Intel untuk desktop diluncurkan dengan nama kode Smithfield yang memiliki kecepatan 3.2 GHz dengan masing-masing core dilengkapi dengan L2 cache sebesar 1 MB. Chip yang dinamai Pentium D tersebut memiliki kecepatan clock jauh lebih rendah dari CPU core tunggal 3.8 GHz, seperti seri 570 dan 670. Untuk itu, pada Intel Pentium D juga dilakukan peningkatan branch prediction unit. Dengan memperbaiki kinerja branch prediction unit, akan membuat prosesor dapat bekerja secara optimal dan memperkecil kemungkinan kesalahan. Fungsi hyper-threading tidak ditinggalkan begitu saja untuk prosesor Smithfield ini. Namun, ini hanya akan tersedia untuk prosesor desktop versi high end dari Intel dan tidak akan menemukannya pada setiap prosesor Smithfield, yakni Intel Pentium D 840 (3,2 GHz), Intel Pentium D 830 (3,0 GHz), dan 820 (2,8 GHz). Tidak hanya itu, untuk pemakai desktop client sebagai penerusnya, Intel memperkenalkan prosesor dual core dengan kode Presler dengan total cache 4 MB yang masing-masing core memiliki cache L2 2 MB.

. Dual core

--->prosesor yang mempunyai dua inti

setiap procie tu ada inti procienya,sering disebut dgn sebutan core.Jd benernya procie yg kita bayangkan tu intinya nggak segeda yg kita bayangkan. Paling hanya segede kuku kita doang. Nah,jika inti dari procie itu ada dua,maka procie tsb bisa disebut sbg procie dual core. Tidak memandang bahwa itu buatan intel ato AMD. Sering kali ini disalah artikan dengan procie Pentium Dual Core dari Intel.

Prosesor Dual Core, bisa dianalogikan sebagai kepala yang berisi dua otak, atau bolehlah kita analogikan juga sebagai ruangan produksi dengan dua mesin. Mengapa, dan juga: siapa sebenarnya yang membutuhkan dua otak? Jawaban yang paling sederhana; mereka yang menggunakan komputer yang melakukan lebih dari satu pekerjaan sekaligus dalam satu waktu. Misal; memindahkan/merubah cd musik menjadi mp3 ke dalam harddisk komputer, dan saat bersamaan mengetik surat perjanjian. Atau berbagai kombinasi lainnya. Bila komputer sebelumnya dalam memproses pekerjaan seperti urut kacang, maka dengan dual core bisa dilaksanakan bersamaan.

Tidak ada komentar: